Tuesday, November 15, 2011

Wakatobi, here I'm! (moment : KERJA -- feeling : LIBURAN) [part 1]

Berdasarkan SK Kementerian Kehutanan tahun 2011, gw adalah pegawainya yang ditempatin di Taman Nasional Wakatobi.. Baru dengar namanya udah keren kan tuh.. Wakatobi!! sapa yg ga tau sama keindahan bawah lautnya, kedua terindah di Indonesia setelah Raja Ampat.  Temen2 gw udah pada kisruh ntar kasih tau Wakatobi kaya gimana? ada apa aja? bagus enggak? dan lainlainlah pertanyaannya..
dannnn, tibalah waktunya gw angkat kaki ke lokasi yang namanya Balai Taman Nasional Wakatobi yg ternyata letaknya di Bau-bau "bukan" Wakatobi.. trs kalo temen2 gw yg penasaran nanya-nanya Wakatobi apa yg harus gw jawab?? wong saya pun tak tau Wakatobi kaya apa?? hehehe.. :(

Sehari, dua hari.. seminggu, dua minggu.. sebulan, dua bulan.. akhirnya.... Wakatobi, here I come!
Sekarang pokonya gw udh bisa cerita kalo ada orang yg nanya "Wakatobi gimana? bagus ga? ada apa aja?"
6 Juni 2011
Wakatobi, I'm coming
Bismillah, gw berangkat ke Wakatobi (p. Wangiwangi) dari Baubau naik Kapal Motor (KM. Rico Saputra @Rp. 150.000), momentnya buat kerja, tp feelingnya buat liburan (yaaaa, gpp lah..nikmatin hidup yg asik).  Perjalanannya laammaaaaaaaaaaaa banget, berangkat dari pelabuhan Baubau jam 9 malam..delapan jam di kapal.. untung perjalanan malam, jadi bisa tidur biar ga berasa ombak selama perjalanan.
Jam 6 pagi, keluar kamar, silauuuuuuuu! wow! itu sunrise? itu Wangiwangi? its so so soooo beautiful! this my country!!
Sunrise pulau Wangiwangi (masih di atas KM)
Jam 6 pagi Waktu Indonesia bagian Wangiwangi, sampai di pelabuhan Wanci, gw sama tim langsung ke barak polhut TN Wakatobi naik mobil patroli yang udah ongkek.

Mobil Patroli SPTN Wil. I Wanci, BTN Wakatobi
Agenda hari ini adalah "menjadi peserta workshop Sosialisasi Nominasi Wakatobi sebagai calon Cagar Biosfer", tapi sebelum itu yuuu kita jemput tamu2 negaranya dulu.  Di pulau Wangiwangi udah ada bandara, maskapai yang ekspansi baru Express air.. dulu gw kita jaraknya tuh deket, ternyata jauhhh bung! +/- 1 jam dari pusat kota di p. Wangiwangi. 
Mejeng dulu ama emak2 di Bandara Wanci

Penyambutan tamu dari PJLK2HL, LIPI, Bappenas
Wakatobi memang indah, bukan cuma bawah lautnya yang surga, tapi tepian pantainya ciamikk..keren! sepanjang perjalanan dari bandara ke kota Wanci hamparan pantai panjang, putih, biru.  Pantas aja kalo Wakatobi dicalonkan jadi Cagar Biosfer.  Nah, ini nih maincoursenya :: workshop Nominasi Wakatobi sebagai Cagar Biosfer :: http://travel.okezone.com/read/2011/06/28/407/473759/wakatobi-dipilih-pbb-jadi-cagar-biosfer-dunia

"Cagar Biosfer adalah situs yang ditunjuk oleh berbagai negara melalui kerjasama program MAB-UNESCO untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan, berdasarkan pada upaya masyarakat lokal dan ilmu pengetahuan yang handal. Sebagai kawasan yang menggambarkan keselarasan hubungan antara pembangunan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan perlindungan lingkungan, melalui kemitraan antara manusia dan alam, cagar biosfer adalah kawasan yang ideal untuk menguji dan mendemonstrasikan pendekatan-pendekatan yang mengarah kepada pembangunan berkelanjutan pada tingkat regional (MAB-UNESCO :: Man and the Biospher)"

Namanya juga Cagar Biosfer, pengelolaannya bareng-bareng, karena kawasan ini menggambarkan keselarasan hubungan antara pembangunan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan perlingdungan lingkungan.  Maka itu, sosialisasi cagar biosfer diperlukan.  Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Kementerian Kehutanan, LIPI, MAB-UNESCO, Pemerintah daerah Wakatobi, Mitra (TNC-WWF) dan masyarakat di dalam kawasan.
Ladies only :p
Perwakilan peserta workshop cagar biosfer Wakatobi (calon)
7 Juni 2011
its time for ve FUN.. Lets get it!
Okeh, kemarin udah capek.. setelah ikut workshop, makan malem, lanjut kerja lagi sampai tengah malam, hari ini waktunya :: BERSENANG-SENANG.. hihi :p
come on! wakeup wakeup!
kalo mau liat lumba-lumba lompatlompatan di laut pulau Wanci, segera bangun jam 5 pagi..ga usah mandi, cuci muka cukup langsung go chauu naik speed boat/pompong ke tengah laut jalur si hitam lompatlompatan.. (yaaaa.. itulah kurang lebih cerita gw mau dolphin watching  ^^)
dannnnnn... coba apa yg gw liat :: ||liat gambar di bawah||
Mejeng di atas pompong (masih belekan)
Sunrise pulau Wangiwangi, TN Wakatobi
Tuh liat si hitam lompatlompatan
sunrise in my hand (^^)

Puas lihat lumba-lumba di perairan akhirnya sampailah kami di pulau Kapota, salah satu pulau di Wakatobi yang memiliki desa binaan Taman Nasional Wakatobi atau disebut MDK (Model Desa Konservasi).. jadi masyarakat di pulau Kapota di sosialisasi mengenai taman nasional, dibina dan diberikan bekal untuk menjalani kehidupan keseharian mereka tanpa tergantung dari hasil bumi Wakatobi saja.. selain dimanfaatkan, masyarakat juga diajak untuk ikut menjaga dan melestarikan segala yang ada di Wakatobi.
welcome to Kapota island of Wakatobi island
yes! here im at Kapota island
Setiap tamu yang datang ke pulau Kapoda akan disambut dengan tarian dan penyambutan khas Wakatobi. Dikalungkan kain adat rajutan khas Wakatobi, kemudian disambut tari-tarian lalu di ajak ke bale penyambutan untuk wejengan-wejengan dan lainnya.  Seru lihatnya, sederhana dan tradisional tapi disinilah wisatawan menikmati kekayaan negeri ini, menghargai yang dipunya, encintainya dan menjadikannya kebanggaan.
Penyambutan tamu di pulau Kapota
Tarian Penyambutan Tamu khas Wakatobi
"Ngobrol" bersama di para-para dengan tetua adat
Tadi gw udah bilang :: Wakatobi bukan cuma surga di bawah laut, tp di setiap hamparan daratannya juga surga ::
yes, that is True! pulau Kapota emang kecil, tapi obyek yang dimilikinya banyak.. mulai dari || wisata bahari:: wisatawan bisa snorkling/diving, wisata panta, atau dolphin watching || wisata budaya :: tarian2 tradisional seperti penyambutan tamu || wisata sejarah :: watu lulu, Talairo tooge, saru-sarua, dll || wisata alam :: bird watcing, tracking, penjelajahan goa || mantaplah pokonya..
Oiyah, masyarakat di sini punya kerajinan untuk bikin kain2 songket mereka sendiri.. bagi anak2 peremmpuan mereka biasanya dilakuin di depan rumah (kaya di bale2 gt)
ditonton doang.. nyobain dong buuu.. *_^
 Di pulau Kapota ada obyek wisata yang namanya pohon kelapa cabang empat, untuk menuju tempat ini harus melewati jalan setapak yang lumayan panjang.
jalan menuju kelapa cabang empat ^^
ini nih kelapa cabang empatnya

Setelah puas ngabisin buah kelapa si kelapa cabang empat, lanjutttttttt.... menuju Goa Dewata..hmmm, kalo ada goa di pulau gini pasti tembusnya ke laut.. keren!
Kata pa Andi :: "Goanya ga panjang ko, pendek doang"
Booooooong! pa Andy boong!  goa nya panjang... 3 meter lebih dan bauuuuu... :(
Welcome to Gua Dewata
Goa Dewata di Kapota
Belum selesai rangkaian kegiatan hari ini, habis cape-capean main di gua, kami kembali lagi ke SPKP Kapota untuk makan siang dan istirahat sebentar.. jam 4 chaoooo snorkeling dan diving.. ^^

Ckckck, gw keabisaaaaannn.. T.T
Ayooo snorkeling dulu di Dive Site Kapota Selatan
Emang ga ada capeknya yah, udah seharian keliling pulau, melakukan ini-itu, tapi kalo buat bersenang-senang ga akan berasa.  Liat lumba-lumba udah, gua udah, snorkeling udah, diving udah, sekarang waktunya mendarat di pantai selatan Kapota buat makan ikan bakar+kasuami (fyi:kasuami itu makanan pokok khas Wakatobi, terbuat dari sari ubi kayu).  Di tepi pantai sambil makan ikan bakar, terus main di pantai menunggu sunset.
sambil berkeliaran di pantai liat sunset di pulau Kapota ^.^

8 Juni 2011
Last day..
Selesailah sudah hari bekerja sambil berlibur saya, dan hari ini hari terakhir, nanti malam kembali ke Baubau.. :(
Tapi sebelum pulang, yuuu jalan-jalan dulu di Wangi-wangi.  Next destination :: pantai Waha di desa Cemara, Wangi-wangi.
Untuk masuk ke pantai ini, ga jelas lewat mana.. jalan masuknya kecil, ga keliatan pula ditutupin rumah2 penduduk... setelah nyasarnyasar, akhirnyaaa sampailah kami di pantai Waha.
Pantai Waha di desa Cemara ^^
Kembali ke kotaku (Baubau)
Setangkup rasa tak ingin langkahkan kaki, meninggalkanmu.. Wakatobi..
Menikmati setiap hembus sang angin pantai..
Menyibak nyiur kelapa yang diam termenung..
Mengusik setiap batinku untuk berfikir terus kembali..
akan ku langkahkan kakiku pada setiap senti tubuhmu..
akan ku jamahi setiap lekuk yang kau miliki..
akan ku puaskan hasratku, untuk terus menikmati indahmu..

Kau indah, sungguh indah.. takkan ku sakiti dirimu..
Kau indah, terlalu indah.. patriku untuk menjagamu.. negerikuu..

Sayonara.. baybay.. berpisah tuk bertemu kembali..
5 tahun pengabdian saya padamu.. takkan ku lewatkan satu detailpun dari dirimu..