Wednesday, March 07, 2012

mamahku kader loh sekarang.. ^^

Mamahku.. ahh, sekian lama di sini gw ga pernah yah cerita tentang wanita yang satu itu..
Mustamiroh namanya, kalo untuk ukuran nama jaman sekarang terdengar seperti pembantu yah. Emang iyah sih, atau malah terdengar seperti nama-nama pembantu di film atau sinetron 'bi Iroh'.
Dan dengan usilnya gw dan ade-ade gw suka memanggilnya dengan sebutan itu. hehehe.. pisss mamahhh #cium
Tenang, tenang.. mamahku pasti ga akan marah ko, dia cuma bilang gini: "itu nama bagus tau! liat tuuh di alquran.. ada artinya.. terus menerus.. biar rejekinya terus menerus turun". Kalo udah ngomong gtu gw cuma bilang "aminnnnnnnnn".

Oiya, mamah tuh katanya bisa menerawang pikiran, kejadian masa depan. dari mimpinya, dari pandangannya, dari firasatnya. Dan karena kelakarnya kalo mulai ceramah di depan gw sama ade-ade gw, makanya gw menyebutnya si 'Iroh Edan' (terispirasi dari Lia Eden). hehehehe :* #cium lagi ahh. 

Mamah waktu muda? ish, jangan ditanya! Gaooll, Okem, Preman, Terkenal.. ahh pokonya tenar deh..
Mulai dari gaya dari ujung rambut sampai ujung kaki pake trend masanya. Rambut, jangan di tanya! trend rambut ngembang kribo panjang pas tahun 80-an lagi in in nya. Muka, sangar dengan dandanan khas mbak Trie Utami. Gaya baju, beuhhh trendy deh! mulai dari gaya kembung-kembung, rok, baju warna-warni, bunga-bunga, blezer-blezer. Aksesoris, lengkap! anting-antingan imitasi yang warna-warni sesuai warna baju, gelang dukun yang gede warna-warni. Ahh, pokonya nyokap gw biar jelek tapi banyak yang suka katanya : p .

Yahhh, tapi itulah mamah muda dulu. Energik, bak seorang satria siap sedia. Dan sekarang sedikit nurun ke gw kayanya. Hehehe..
Dan sekarang mamah sudah tua, umurnya tahun ini memasuki 49 tahun, tapi dia selalu keliatan muda buat gw.. selalu terlihat cekatan, terlihat optimis, walaupun mungkin pusing bener ngurusin rumah, keluarga dan sebagainya. (ahhh jadi kangen, pengen nangis). Tapi emang bener, menurut gw nyokap terlihat lebih muda dari temen-temennya yang lain, yang seumur dengannya. #allways love you mom :*

Mamah itu seorang ibu rumah tangga yang teladan. Ngurus rumah, Ok!. Ngurus anak, Bisa!. Ngurus suami, ga masalah!. Ngurus ekonomi, Bisa sambil merem melek (sing sabar mom). Pokonya yang gw tau, gw liat dan gw sadari, nyokap gw selalu bisa menghandle semua masalah di rumah. Mulai dari anak-anak yang bengal, bandel, susah diatur, makan ati, dan sebagainya. Ditambah sakit-sakitannya bokap gara-gara asep rokonya yang berlebih di masa muda dulu (baca: Bengek aka Astma). Mikirin gaji bokap yang ga gede-gede amat buat semua keperluan rumah tangga, kata nyokap "kalo pas gajian tuh bikin gw pusing aja, cuma numpang buat diatur-atur". Dan segala tetek bengek lainnya yang kadang kalo gw liat nyokap, kasian yah nenek tua itu.. : p . Hebat sekali kan nyokap gw?.

Anaknya mamah sekarang udah gede-gede, malah kasian.. kesepian di rumah. Anak perempuannya Feby yang paling gede, paling cantik, paling manis, kerja jauh banget. Anak keduanya, Hasyibulloh aka Iwan sibuk kuliah, sibuk organisasi, jarang di rumah, cuma numpang tidur-makan doang. Anak bontotnya, Putra jarang banget di rumah, demen kluyuran, doyanan maen daripada kuliah, sambil kerja juga jadi pol PP di pasar. Suami satu-satunya rutin tiap pagi berangkat ke kantor, pulang sore. Jadi, "mamah kalo siang kesepian, ga ada temen, jadi lemes, bete", itu katanya kalo lagi cerita di telpon.

Mamah tuh doyan ceramah, hobi nasehatin, kalo setiap nelpon gw tuh pasti banyak banget petuah-petuah dari sang mamah. Biasanya petuahnya seputar "jaga kesehatan yah Feb, sholat-ngaji jangan ditinggal, hemat rajin nabung jangan jajan barang ga penting, cari suami, cepet nikah mamah udah tua nih pengen punya cucu dan cerita-cerita seru lainnya", dan jawaban gw cuma "iyah, iyah, iyah, iyah, iyah mamahku sayangggg" :*

Keluhan nyokap gw makin jadi sekarang-sekarang, kesepian Feb bosen di rumah mulu. Yaudah, dengan sok bijak sekarang gantian gw yang nasehatin, hihihi "maen dong mah, mampir-mampir ke Jakarta, liatin cing-cang di sana, ikut kegiatan di RT kek". Dan terakhir, semalem tadi nyokap telpon. Gini nih percakapannya.

Mamah : "Feb, gw sekarang udah jadi kader dong" kayanya sambil lagak bangga gitu.
Gw : "Kader apaan mah? partai? gaya bener udah kaya Iwan aja"
Mamah : "bukan, kader lansia pondok aren"
Gw : "huahahahaha, mamah udah tuaaaaaaa.. udah jadi nenek-nenek jadi anggota lansia pndok aren"

Dan mamah gak  akan pernah marah kalo gw ledekin tua, jawabannya pasti "emang udah tua, udah jadi nenek-nenek, makanya lu cepet kawin, biar nenek tua punya cucu", Ahhhh.. mamah ke situ lagi.

Mamah : "Nanti gw mau lomba Feb, lomba kaya cerdas cermat gitu"
Gw : "ishh, mamah gaya ihh"
Mamah : "Tapi gw bego banget dah, belet! ga masuk-masuk otak gw belajar juga"
Gw : "Hehehe, kan udah pudul mah otaknya.. :p. Ayoo belajar yg bener, biar menang mah"
Mamah : "iyah, nih gw lagi rajin diajarin sama ibu Camat, ibu Lurah, pokonya belajar deh"

Dan mamahku yang sudah tua itu, tetep semangat menjalani hari menjelang makin tuanya, seenergik dulu, segiat dulu, dan itu mamahku, mamahku tersayang, panutan gw!. I'll do best for you mamah-papahku :*

Mamah cantik dan anak cantiknya ^^

ciummm mamahkuuuu :*